Beberapa Manfaat Tanaman Yodium



Mengenai artikel “Sekedar Informasi” kali ini berjudul Manfaat Tanaman Yodium atau Khasiatnya. Perihal judul saja Anda sudah mengetahui diskripsi dari artikel ini. Mungkin Anda yang tidak mengetahui tanaman yodium dengan tinggi pohon mencapai 3 meter ini banyak penduduk yang menggunakannya untuk mengobati luka-luka, itulah contoh dari manfaat tanaman yodium untuk kesehatan sendiri. Kali ini artikel kami ingin memberikan informasi manfaat tanaman yodium bagi kesehatan. Khasiat tanaman yodium ini sebagian besar untuk menyembuhkan luka luar.

Yodium itu termasuk tanaman penganggu, tapi tahukah Anda manfaat dari tanaman tesebut sangatlah banyak dan dapat membantu keseharian Anda. Tanaman ini termasuk kategori tanaman Obat-obatan yang sering di gunakan pada jaman dahulu. Tanaman Yodium sendiri memiliki beberapa Zat HCN, Saponin, Alkaloid, Betasitusterol. Tanaman ini sangat gampang sekali di temukan di Indonesia, terutama pada iklim dataran rendah dengan suhu panas 30-35c.

Dengan ciri-ciri pohon akar tunggang, dan mengenai tinggi tadi sudah di jelaskan. Lalu mempunyai batang kayu berbentuk bulat. Keseluruhan tanaman ini memiliki getah yang cukup berguna untuk kesembuhan luka luar pada tubuh kita. Tanaman Yodium ini memiliki nama latin yaitu Jatropha Multifida. Ciri ciri lainnya tanaman ini adalah memiliki akar tunggang yang bisa mencapai kedalaman 1-2 meter dalam permukaan tanah, daunnya juga berbentuk bintang dan daunnya bercabang, memiliki biji di ujung dari daunnya berwarna merah.

Kembali ke pokok judul di atas, lalu apakan manfaat dari tanaman Yodium ini. Anda bisa membaca artikel ini karena kami di sini sudah menjelaskannya dan cara penggunaannya. Berikut ini manfaat tanaman Yodium yang hanya tumbuh dalam ketinggian 2-3 meter ini :



  1. Tulang yang terkilir, Anda sempat tidak menyangka perihal tanaman Yodium ini dapat menyembuhkan Tulang yang terkilir. Biasanya dilakukan dengan cara ambil sekiranya 10 daun yodium yang masih muda, cuci daun sampai bersih lalu tumbuk daun tersebut sampai halus kemudian ambil dan oleskan kebagian yang terkilir. 
  2. Mengobati Kebengkakan, Untuk yang ini caranya sama dengan saat tulang terkilir di atas. Akan tetapi saat bengkak ada di daerah wajah, mungkin berhati-hatilah saat Anda mengoleskan ke wajah Anda, jangan sampai terkena alat vital seperti mata atau telinga dalam Anda.
  3. Untuk mencegah rusaknya gigi, dengan cara Anda ambil saja secukupnya daun yodium kemudian di tumbuk jangan lupa cuci sampai berdih dahulu,lalu campur dengan air hangat. Gunakan untuk berkumur dalam waktu 3 menit saja, dilakukan dalam sehari 3-4 kali.
  4. Mengobati luka luar bentuknya seperti lecet, teriris benda tajam dll. Biasanya orang jaman dahulu menggunakan getah dari batang yodium kemudian di oleskan ke bagian yang luka tadi. Pengalaman pribadi dari cara ini, mungkin awalnya akan terasa perih tapi luka Anda dalam jangka waktu dekat akan segera mengering. 
  5. Untuk yang kelima ini bagi anak-anak yang mengalami demam. Caranya adalah ambil daun setidaknya 10 daun,cuci bersih daun dahulu lalu tumbuk sampai halus beri sedikit saja air kemudian oleskan ke dahi anak Anda. 
  6. Tanaman Yodium juga bisa di sebut anti-inflamasi atau pembekaan Gondok, sama halnya cara mengobati dengan menumbuk beberapa daun Yodium kemudian di oleskan ke bagian leher yang terdapat Gondok atau peradangan dalam.
Penutup

Itulah beberapa manfaat dari tanaman yodium untuk pertolongan pertama dalam penyembuhan luka luar. Tanaman Yodium ini juga sangatlah mudah dalam cara penanamannya. Dengan cuaca di Indonesia sangatlah cocok dengan tanaman ini. Itulah beberapa informasi yang dapat di sampaikan mengenai Manfaat Tanaman Yodium, semoga dapat membantu Anda dan semoga bermanfaat untuk keseharian Anda.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Wajah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
July 21, 2016 at 4:10 PM delete

wih keren banyak juga manfaat tanaman yodium. thaks infonya
mampir juga ke web saya gan:https://ferryardiansyahid.blogspot.co.id/2016/07/organisasi-kompetensi-tujuan-satuan.html

Reply
avatar
July 21, 2016 at 4:32 PM delete

Oh ternyata bisa untuk kesehatan gigi juga, wah ternyata banyak juga manfaatnya tanaman satu ini. Terimakasih gan update terus postingan seperti ini, bermanfaat sekali

Reply
avatar
July 22, 2016 at 3:45 PM delete

banyak juga ya min manfaatnya. tapi sayangnya tidak ada di sekitar rumah tanaman ini

Reply
avatar
August 31, 2016 at 6:18 PM delete

Baru tau saya tanamanya yang bentuknya kayak gitu.

Reply
avatar
August 31, 2016 at 7:22 PM delete

thx infonya gan, smga bermanfaat ;)

Reply
avatar
September 7, 2016 at 8:39 AM delete

Thanks infonyaJadi inget dulu waktu kecil di kasih daun gituan pas lagi kena pisau.

Reply
avatar
September 9, 2016 at 2:56 PM delete

wah ternyata bermanfaat ya gan

Reply
avatar

1. Berikan komentar secara Relavan
2. Jangan kirim Spam pada kolom komentar
3. Gunakan pertanyaan yang sewajarnya
4. Berikan komentar sesuai dengan isi dalam Konten